Apakah penyebab benjolan pada payudara ?

S Info Penanya: S, Wanita, 45 Tahun
Dokter Saya ingin bertanyaSaya usia 45 tahun siklus mens mulai tidak teratur. Kadang 1 bulan kadang 2 bulan. Perubahan siklus ini diiringi benjolan dipayudara kanan yg nyeri ketika mens. Benjolan ini membuat payudara kanan keras...sementara yg kiri lembek seperti tidak berisi. Benjolan itu letaknya tidak berubah ubah. Apakah ini tanda kanker atau Karena perubahan hormon. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan benjolan pada payudara bersifat jinak. Namun lebih baik ke dokter jika menemukan benjolan pada payudara anda.

Berikut beberapa penyebab benjolan pada payudara :

  1. Lesi akibat infeksi payudara
     - Ektasia duktus mammae, merupakan proses pelebaran sistem duktus sampai percabangan duktulus yang disertai fibrosis periduktal dan reaksi radang mononukleus. Etiologinya tidak diketahui, namun wanita yang mengalami penyakit ini biasanya pernah melahirkan. Fibrosis disekitar mammae menyebabkan retraksi papila dan dapat pula teraba benjolan keras. Meskipun demikian hal tidak berhubungan dengan proses keganasan tetapi merupakan kelainan radang.
  2. Kelainan akibat ketidakseimbangan hormon
    - Penyakit fibrokistik, kelainan ini paling sering ditemukan, bersifat jinak dan non–neoplastik tetapi memiliki hubungan dengan meningkatnya resiko terjadinya keganasan. Fibrokistik payudara ditandai dengan rasa nyeri dan benjolan yang ukurannya berubah–ubah. Benjolan ini membesar sebelum periode menstruasi serta mengeluarkan cairan puting yang tidak normal. 
  3. Neoplasma Jinak
    - Fibroadenoma Mammae (FAM), merupakan tumor jinak yang paling banyak ditemukan
    - Papiloma Duktus, lebih jarang ditemukan dibandingkan fibroadenoma dan lesi ini banyak ditemukan pada wanita usia pertengahan. 
  4. Neoplasma Ganas
    Neoplasma ganas parenkim payudara terdiri atas dua golongan, yaitu karsinoma duktal yang berasal dari sistem duktus dan karsinoma lobular yang berasal dari asinus kelenjar payudara. Gejala dari  neoplasma ganas yaitu terdapat benjolan yang keras dan tidak nyeri pada payudara. Benjolan itu awalnya kecil, semakin lama akan semakin besar, lalu melekat pada kulit serta menimbulkan perubahan pada kulit payudara dan puting susu. Kulit dan puting susu menjadi retraksi, bewarna merah muda atau kecoklatan sampai menjadi edema hingga kulit kelihatan seperti kulit jeruk yang mengkerut. Lesi ini semakin lama akan semakin membesar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara, sering berbau busuk, dan mudah berdarah. 

Untuk menegakan diagnosis dan penyebab dari keluhan yang anda alami sebaiknya ke dokter spesialis bedah agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga terapi yang di berikan sesuai dengan etiologi yang mendasarinya.

Beberapa tips yang bisa anda lakukan :
- Istirahat yang cukup dengan tidur malam hari 6-8 jam
- Terapkan pola hidup sehat seperti olahraga yang teratur, konsumsi makanan yang sehat, perbanyak makan buah-buahan, jangan merokok dan minum alkohol.
- Jika nyeri, minum obat penghilang nyeri seperti paracetamol.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Payudara terasa sakit bisa saja pengaruh hormon bukan penyakit yang memerlukan perhatian khusus

Payudara Sakit Belum Tentu Gejala Kanker, Mungkin Ini Penyebabnya

Payudara sakit tidak selalu mengindikasikan kanker. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan payudara Anda sakit, misalnya perubahan hormon dan pola hidup tidak teratur.