Apakah penyebab benjolan di payudara ?

LO Info Penanya: LO, Wanita, 21 Tahun
Dipayudara kiri saya ada seperti benjolan, dan terasa gataal disekitar putingnya. Apakah itu hormonal menjelang mens atau bagaimana ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LO.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan benjolan pada payudara bersifat jinak. Namun lebih baik ke dokter jika menemukan benjolan pada payudara anda.

Berikut beberapa penyebab benjolan pada payudara :

- Terkait gangguan hormonal seperti penyakit fibrokistik, kelainan ini paling sering ditemukan, bersifat jinak dan non–neoplastik/tidak ganas. Fibrokistik payudara ditandai dengan rasa nyeri dan benjolan yang ukurannya berubah–ubah. Benjolan ini membesar sebelum periode menstruasi serta mengeluarkan cairan puting yang tidak normal.
- Fibroadenoma Mammae (FAM), merupakan tumor jinak yang paling banyak ditemukan
- Papiloma Duktus, lebih jarang ditemukan dibandingkan fibroadenoma dan lesi ini banyak ditemukan pada wanita usia pertengahan.
- Tumor filoides, secara mikroskopik memiliki pola pertumbuhan seperti FAM 

Untuk menegakan diagnosis dan penyebab dari keluhan yang anda alami sebaiknya ke dokter spesialis bedah agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga terapi yang di berikan sesuai dengan diagnosis.

Beberapa tips yang bisa anda lakukan :
- Istirahat yang cukup dengan tidur malam hari 6-8 jam
- Terapkan pola hidup sehat seperti olahraga yang teratur, konsumsi makanan yang sehat, perbanyak makan buah-buahan, jangan merokok dan minum alkohol.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penanganan kista ovarium tanpa operasi, dilakukan untuk meredakan gejalanya

5 Cara Mengobati Kista Ovarium Tanpa Operasi

Gejala kista ovarium adalah nyeri yang hebat. Ternyata ada cara mengatasi penyakit ini yaitu mengonsumsi obat, olahraga, mengubah pola makan, terapi panas, pijat dan relaksasi.