Apakah penyebab benjolan di leher saat terkena radang tenggorokan dan sakit telinga ?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya setahun yg lalu saya mempunyai benjolan di leher dan saat periksa katanya itu kelenjar dan setelah beberapa hari benjolan itu hilang Dan akhir akhir ini benjolan di leher mulai ada lagi Gejala yg di alami saat mengalami benjolan demam tinggi sakit telinga dan radang tenggorokanPertanyaan saya jenis kelenjar apa yg saya alami dan di sebabkan oleh apa? Apakah ini menular atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NS.

Keluhan yang anda rasakan kemungkinan penyebabnya yaitu pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh, dimana jika terjadi infeksi biasanya kelenjar tersebut akan ikut membesar. 

Kemungkinan pembesaran kelenjar getah bening yang anda alami akibat infeksi saluran napas atas, hal ini di tandai dengan keluhan radang tenggorokan dan sakit telinga. Namun perlu dipastikan adanya penyebab lain, dimana hal ini butuh pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter secara langsung agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vulvovaginitis adalah infeksi vulva yang biasanya disebabkan oleh tisu toilet yang beraroma

Hati-hati, Infeksi Vulva Wanita Ini Dapat Mengintai Anda

Vulvovaginitis atau infeksi vulva umum terjadi pada wanita dari segala usia. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri, virus, infeksi menular seksual, dan kebersihan yang buruk. Biasanya, Anda akan merasakan sakit area kewanitaan.