Apakah penyebab batuk yang disertai darah ?

RH Info Penanya: RH, Pria, 27 Tahun
Doc saya inggin bertanya .. saya menggalami batuk sudah 3hr yg lalu . Trus pas tadi saya mandi saya memaksa untuk membuang reak batuk saya untuk pertama kali nya . Itu hanya keluar reak biasa . Dan trus saya paksain yg ke -2 saya paksa in untuk keluarin yg ke-2 dan pada akhir nya keluar reak dan darah ?? Itu bertanda apa ya ?? Apa yg harus saya lakukan?? Mohon bantuan nya . Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EN.

Kemungkinan batuk disertai darah, antara lain :

- Tuberkulosis

- Bronkitis 

- Pneumonia

- Penyakit paru obstruksi kronik

- Faringitis

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis paru agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.