Apakah penyebab batuk pada anak 4 tahun ?

VV Info Penanya: VV
Assalamualikum dok. Saya mau bertanya anak saya umurnya 4 th kenapa ya dok setiap kali anak saya batuk, kalau malm batuknya ga berhenti2 .sampe kadang muntah2, kemaren sempet saya liat dilendirnya tuh ada darahnya, penyebabnya apa ya dok, apakah ada penyakit yang serius?? Tetapi cuman sekali aja dok keluar darahnya. Mohon penjelasanyya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, VV.

Batuk adalah masalah yang sering kita jumpai pada bayi dan anak-anak. Penyebabnya bervariasi, mulai dari penyakit ringan, yang dapat sembuh sendiri sampai penyakit berat.

Berikut penyebab batuk untuk usia 2 bulan - 5 tahun seperti pneumonia, bronkiolitis, asma, tuberkulosis, pertusis, alergi, dan GERD.

Untuk menegakkan diagnosis dan penyebab dari keluhan anak anda, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis anak. Di butuhkan pemeriksaan yakni anamnesa (tanya-jawab) seperti sejak kapan keluhannya, ada demam, sesak napas, mual, muntah; pemeriksaan fisik (di periksa tanda vital, didengar suara napas dan jantung); pemeriksaan penunjang seperti laboratorium dan rontgen thorax sesuai indikasi.

Beberapa tips yang dapat anda lakukan : Tetap berikan asi, jauhkan dari asap rokok, hindari paparan debu, dan ciptakan lingkungan yang bersih.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan bermain di gadget dapat meningkatkan risiko anak memakai kacamata

4 Cara Mengobati Mata Minus untuk Si Kecil

Rabun jauh atau mata minus adalah gangguan mata yang membuat anak kesulitan untuk melihat objek dari jarak yang jauh. Hal itu terjadi akibat kebiasaan bermain gadget yang terlalu lama. Jika anak mengalami rabun jauh, segera periksakan ke dokter untuk pemberian kacamata anak. Selain itu, cara mengobati mata minus pada anak dapat dilakukan dengan tetes mata atropin.