12 Mar 2021, 18:47Penyakit Lainnya

Cara mengatasi benjolan pada selangkangan

TD
Info Penanya: TD0
Assalamualaikum dok Saya ingin bertanya saya mempunyai gejala benjolan pada selangkangan dok Saya rasa ini sudah dari kecil dok. Pak SD. Saya gak pernah periksain ke dokter karna saya kira bukan penyaki dll. Saat saya masih SD kalau jalan gak sakit dok Atau lari dan segala macam aktivitas.cmn pas di sentuh aja dok baru sakit Saya sekarang umur 16 tahun dok Gejala benjolan pada selangkangan saya semakin parah dok saat berjalan dan lari terasa sakit atau melakukan aktifitas sudah terasa sakit
157 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, T.Benjolan dapat tumbuh di seluruh bagian tubuh termasuk pada selangkangan. Benjolan memiliki berbagai konsistensi atau kepadatan antara lain benjolan dengan konsistensi lunak, mudah bergerak, tidak lengket pada organ yang mendasarinya, berbentuk pipih atau lonjong, berjumlah satu. Namun ada pula benjolan dengan konsistensi keras dan padat akibat sel memperbanyak diri secara terus menerus sehingga benjolan semakin besar yang disebut dengan tumor. Tumor dapat bersifat jinak maupun ganas yang menyerang sel normal di sekitarnya dan menyebar ke tubuh bagian lain.

Apa yang menyebabkan benjolan pada selangkangan ?

Keluhan terdapat benjolan  pada selangkangan dimana terjadi pada Anda selama bertahun-tahun yang menimbulkan rasa nyeri disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Benjolan akibat penumbukan kelenjar lemak di bawah kulit yang tidak berbahaya disebut dengan lipoma. Lipoma teraba lunak dan kenyal, mudah digerakkan tanpa menimbulkan rasa sakit.
  • Pembesaran kelenjar getah bening akibat infeksi dan peradangan organ sekitar selangkangan baik vagina maupun anus, atau tumor kelenjar getah bening.
  • Kista merupakan kantung berbentuk benjolan yang berisi cairan akibat infeksi.

Cara mengatasi benjolan pada selangkangan

Cara mengatasi benjolan pada selangkangan antara lain :
  • Jangan cemas dan lakukan kompres hangat jika benjolan nyeri.
  • Perhatikan bentuk, jumlah, besar, tanda peradangan, raba apakah benjolan hangat atau tidak, permukaan berbenjol-benjol, benjolan melengket di dasar kulit.
  • Hindari penekanan atau gesekkan berlebihan pada benjolan.
  • Minum obat pereda nyeri.
Lakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter bedah jika benjolan semakin nyeri dan bertambah besar.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
benjolan lipomamengatasi lipomapembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil