03 Oct 2021, 07:37Mata

Apakah penyakit mata minus dan plus termasuk penyakit saraf mata?

E
Info Penanya: E0
Dokter, saya ingin bertanya, apakah penyakit mata minus dan plus termasuk penyakit syaraf mata? Apa penyebab munculnya mata minus dan plus? Bagaimana cara mengatasi agar terhindar dari penyakit ini?
164 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Mata minus (rabun jauh) dan mata plus (rabun dekat) adalah kondisi gangguan refraksi mata dimana titik fokus tidak tepat sampai ke retina melainkan cenderung lebih ke depan atau kebelakang. Keduanya bukan merupakan gangguan saraf mata dan cara untuk mengkoreksi gangguan ini dapat dilakukan dengan menggunakan kacamata atau melakukan operasi laser.

Mata minus dan plus

Agar mata tidak minus atau miopia, cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan cara  menjaga kesehatan mata, menghindari paparan radiasi terus menerus ke mata, dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C.  Namun jika sudah minus, maka yang terprnting adalah mengupayakan agar minus tidak bertambah dengan menggunakan kaca mata dengan ukuran yang tepat.Sedangkan pada mata plus atau hipermetrop umum terjadi karena usia yang semakin menua dan tidak bisa dihindari sehingga akan muncul gejala kesulitan membaca dalam jarak dekat. Untuk kacamata plus, ukuran disesuaikan dengan usia dan umumnya seseorang perlu menggunakan kacamata baca (lensa plus) yaitu saat usia 50tahun keatas. Mata minus dan mata plus wajar dialami oleh lansia.Untuk menentukan kacamata yang sesuai dengan kelainan yang anda miliki, pengukuran kacamata dapat Anda lakukan di dokter mata untuk kemudian diberikan resep kacamata.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan matarabun dekatrabun jauh
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil