Apakah penyakit mata ikan sama dengan bubul pada ayam?

R Info Penanya: R, Pria, 2019 Tahun
Apakah penyakit mata ikan pada manusia sama jenis nya dengan penyakit bubul pada ayam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R

Terima kasih atas pertanyaannya.

Walaupun saya bukan dokter hewan, untungnya saya tahu bubul sejak masa perantauan saya ke daerah-daerah di Indonesia. Saya mulai dari mata ikan dulu ya. Prosesnya mata ikan terbentuk karena tekanan dan gesekan berulang pada kulit yang mengakibat penebalan. Penebalan terjadi karena pembentukan keratin (lapisan kulit) berlebihan. Lama-lama kelamaan penebalan ini akan sakit bila ditekan. Biasa kita sebut kapalan. Nah pada situasi tertentu, penebalan ini menyebabkan luka dan bisa menjadi borok. Ini juga dikenal sebagai mata ikan.

Proses bubul sama dengan mata ikan, luka pada ayam yang bisa menempel kotoran sehingga mengakibatkan infeksi. Kalau penanganan bubul saya kurang tahu, namun kalau penanganan mata ikan bisa dengan salep untuk mengurangi penebalan atau infeksi. Tapi lebih efektif bila dilakukan tindakan minor dengan mengangkat mata ikan sekaligus mencegahnya timbul kembali. Silahkan diskusi dengan dokter untuk pilihan penanganannya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.