Apakah penyakit liver itu berbahaya dan apakah bisa sembuh? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

RI Info Penanya: RI, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya... apakah penyakit liver itu berbahaya dan apakah bisa sembuh? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RI

Terima kasih atas pertanyaannya.

Hati (Liver) berperan penting dalam tubuh untuk mencerna makanan, tempat menyimpan energi dan menghilangkan racun. Beberapa macam penyakitnya seperti infeksi hepatitis, gangguan akibat obat/alkohol, kanker hati, dan sirosis. Pada usia muda terutama infeksi dan gangguan akibat obat, alkohol atau lemak. Gejalanya juga bervariasi kulit dan mata kuning, perut bengkak, kaki dan pergelangan tangan bengkak. Kencing gelap, tinja pucat, mual, muntah, atau nyeri perut.

Penyebab utama adalah infeksi yang mengakibat penurunan fungsi hati. Disebabkan oleh virus, bisa tertular dari makanan dan minuman (Hepatitis A), sperma atau cairan tubuh (Hepatitis B) dan darah (Hepatitis C). Bila kondisinya menjadi kronis bisa menjadi sirosis (pengerasan hati) atau hepatoma (tumor hati). Lebih jelasnya ada di artikel mengenai penyebab penyakit hati.

Penanganannya sesuai dengan penyebabnya. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan melakukan pemeriksaan tambahan seperti laboratorium dan USG. 

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala hepatitis B seringkali tidak disadari kemunculannya

9 Gejala Hepatitis B yang Sering Menyerang Diam-Diam

Penyakit ini seringkali disebut sebagai infeksi diam-diam. Sebab, gejala hepatitis B sulit dikenali dan bahkan seringkali tidak muncul saat infeksi pertama kali terjadi. Lalu, bagaimana mengenalinya jika Anda terserang virus ini?