Apakah penyakit gondok berpengaruh pada berat badan?

RU Info Penanya: RU, Wanita, 32 Tahun
Dok apakah penyakit gondok dalam bisa buat si pe sakit mengalami penurunan berat badan secara tiba² dan setelah itu dalam waktu rentan yg sangat panjang si penderita penyakit gondok dalam ini berat badan nya bisa naik tanpa mengkonsumsi obat apa pun entah itu dari herbal ato pun dari dokter..terimakasih atas jawaban nya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RU,

Penyakit gondok adalah gangguan pada kelenjar tiroid dimana jenisnya bisa beragam dimana berpengaruh terhadap produksi hormon tiroid bisa berlebihan yang disebut dengan hipertiroid ataupun kurang produksinya atau disebut hipotiroid. Keluhan yang bisa timbul juga antara lain adalah adanya pembengkakan di leher, perubahan berat badan, demam, mual atau muntah, nyeri leher, berdebar, dan lainnya.

Pada beberapa kasus juga bisa terjadi penurunan badan yang signifikan tetapi setelah hormon tiroid bisa dikontrol maka bisa diperbaiki kembali. Selain itu kenaikan berat badan juga tetap terjadi jika memang asupan kalori lebih tinggi dari kebutuhan harian.

Untuk itu perlu dipastikan jenis penyakit gondok apa yang timbul dan diberikan penanganan yang tepat. Nantinya bisa dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG tiroid, pemeriksaan kadar hormon tiroid, biopsi ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan salah satunya tes menggunakan iodium radioaktif.

Pengobatan sendiri bisa dilakukan dengan pemberian obat ataupun pengangkatan kelenjar tergantung dari kondisi yang timbul. Apabila dilakukan pengangkatan kelenjar nantinya penderita perlu mengonsumsi obat seumur hidup untuk menggantikan produksi hormon tiroid yang diperlukan tubuh. Periksakan pada dokter spesialis penyakit dalam juga secara bertahap agar dipantau kondisinya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah haid sedikit bisa saja terjadi akibat stres yang mendera

Darah Haid Sedikit, Apa Penyebabnya?

Umumnya, siklus menstruasi yang dialami oleh kaum hawa tidak jauh berbeda setiap bulan. Namun ada pula kondisi-kondisi tertentu yang dapat membuat darah haid sedikit atau tidak sebanyak biasanya.