04 Jul 2021, 14:01Pernapasan

Apakah penyakit bronkitis itu berbahaya?

MA
Info Penanya: MA0
Selama sore dokter. Dok, batuk saya tidak sembuh-sembuh sudah tiga bulan ini. Apakah ini salah satu penyakit bronkitis? Apa penyebab munculnya penyakit ini? bisa sembuh tidak ya dok? obatnya apa?
331 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam MA,Penyakit bronkitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada bronkus (saluran napas). Gejala utama penyakit bronkitis biasanya batuk berkepanjangan, umumnya berdahak. Terkadang, batuk juga disertai dengan gejala lainnya seperti sesak napas, demam ringan, atau napas berbunyi.

Penyebab Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis dapat disebabkan oleh kondisi infeksi, baik oleh virus ataupun bakteri. Jika disebabkan oleh virus, maka umumnya penyakit bronkitis akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. Namun, jika disebabkan oleh bakteri, biasanya gejala akan cukup berat dan membutuhkan obat-obatan agar dapat sembuh.Selain infeksi, penyakit bronkitis juga dapat disebabkan oleh kondisi alergi. Jika disebabkan oleh alergen, bronkitis biasanya akan berlangsung kronis dan sulit untuk sembuh jika terpapar terus menerus. Penderita perlu menghindari pencetus alergi, agar gejala bronkitis dapat terkendali.

Penanganan Penyakit Bronkitis

Penanganan bagi penderita penyakit bronkitis dapat berupa obat-obatan atau modifikasi gaya hidup. Obat-obatan dapat berupa obat minum atau obat inhalasi (dihirup). Tujuan pemberian obat adalah untuk mengendalikan gejala, serta melebarkan saluran bronkus agar dapat bernapas lebih nyaman.Sedangkan beberapa gaya hidup yang disarankan bagi penderita adalah:
  • menghindari rokok, baik merokok aktif maupun asapnya
  • menghindari paparan asap, debu, dan polusi
  • hindari makanan yang memicu produksi lendir di saluran napas, misalnya makanan pedas atau gorengan
  • minum air putih yang cukup
  • menjauhi alergen yang dihirup seperti bulu binatang atau serbuk bunga (jika alergi)
Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan keluhan Anda kepada dokter paru. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
bronkitisradang paru-paruinfeksi paru-paru
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil