Apakah penyakit bradikardia berbahaya?

CP Info Penanya: CP, Wanita
Apakah penyakit bradikardia berbahaya jika terkena dingin dan di kagetkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CP,

Bradikardi merupakan salah satu gangguan jantung dimana jantung berdenyut untuk memompa darah kurang dari 60 kali setiap menitnya. Namun pada atlit atau orang yang rutin berolahraga, maka sering ditemukan denyut jantung dibawah 60 kali setiap menitnya dan hal tersebut tergolong normal.

Ketika seseorang dikagetkan, maka pembuluh darah jantung akan menjadi lebih sempit dan hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri dada. Oleh karena itu pada orang tua sangat berbahaya bila dikagetkan atau mendengar berita yang mengejutkan karena pada orang tua yang seringkali pembuluh darahnya sudah menyempit, ketika dikagetkan maka pembuluh darah akan semakin menyempit lagi dan hal tersebut dapat mengakibatkan serangan jantung hingga kematian.

Bila Anda dinyatakan bradikardi kemudian muncul gejala-gejala seperti nyeri dada, lemas, sesak napas maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter jantung untuk penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kolestrol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung tanpa gejala apapun

Nyeri di Belakang Leher Tanda Kolesterol Tinggi, Benarkah Demikian?

Banyak orang menganggap bahwa nyeri di belakang leher, sakit kepala, kesemutan, dan pegal-pegal adalah tanda dari kolesterol tinggi. Ternyata tidak ada gejala tertentu saat kadar kolestrol tinggi, namun dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.