Apakah penyakit autoimun dapat menyebabkan hiv positif palsu

RI Info Penanya: RI, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya apakah penyakit autoimun dapat menyebabkan hiv positif palsu dok? , Autoimun itu positif palsu atau negatif palsu dok ,saya cemas memikirkan ini mohon dijawab dok terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RI,

Infeksi human immunodeficiency virus merupakan infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Penularan sendiri melalui beberapa cara seperti hubungan seks tidak aman dengan penderita hiv positif, melalui penggunaan jarum suntik bergantian seperti pada pengguna narkoba suntik, melalui produk darah yang tercemar virus, melalui ibu pada anaknya saat kehamilan atau proses melahirkan. Tes hiv merupakan salah satu upaya untuk dapat mendeteksi dini apakah terjadi penularan agar segera dilakukan penanganan.

Tes HIV sendiri ada banyak jenis dan tekniknya seperti tes screening antibodi untuk memeriksa keberadaan protien yang diproduksi tubuh yang merupakan respons dari infeksi HIV, uji kombinasi antigen/antibodi, tes RNA virus, dan tes lainnya seperti dengan teknik western blot. Pada beragam pemeriksaan ini dapat terjadi hasil palsu baik positif palsu ataupun negatif palsu yang disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:

  • Penyakit autoimun
  • Leukemia
  • Konsumsi obat kortikosteroid
  • Sedang berada pada masa jendela HIV atau window period
  • Konsumsi alkohol

Untuk positif palsu sendiri dapat disebabkan oleh proses saat pemeriksaan, misinterpretasi hasil, penyakit autoimun dan beberapa kondisi medis lain. sedangkan penyebab negatif palsu disebabkan oleh kesalahan saat pengambilan sampel, sampel yang kurang baik dan penyebab lainnya. Untuk itu apabila pernah melakukan tindakan berisiko dan sudah melakukan pemeriksaan HIV tetapi masih ragu dengan hasilnya dapat dilakukan pemeriksaan ulang 3 bulan berikutnya dengan metode pemeriksaan yang menjadi gold standard untuk menegakkan diagnosa infeksi HIV. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Konsumsi suplemen adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit

Sistem Imun Lemah? Ini 6 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Bisa Anda coba

Ketika sistem imun terlalu sensitif atau lemah, tubuh lebih rentan terkena penyakit maupun infeksi. Untuk itu, perlu menerapkan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya menjaga kebersihan dan menjaga pola makan, berolahraga, mengonsumsi suplemen, serta waspada terhadap vaksinasi juga bisa berpengaruh.