Apakah penis bisa bertambah ukurannya dengan terapi dan obat tertentu?

HR Info Penanya: HR, Pria, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya, apakah penis benar2 bisa ditambah besar dan panjang dengan di urut atau minum obat tertentu? Jika benar, menurut saran dokter obat apa yg benar2 manjur dan cepat untuk membesarlan penis?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Ukuran penis ditentukan terutama dari faktor genetik, seperti keturunan atau suku bangsa tertentu. Setelah itu diikuti faktor hormon, faktor inilah yang menjadi penyebab gangguan penis kecil yang mulai tampak bila ada kelainan pada waktu bayi. Prosesnya dimulai sejak dalam kandungan, penis terbentuk sebagai respon dari berbagai hormon terutama hormon androgen (hormon seks pria) dengan testosteron sebagai bagian di dalamnya. Jika produksi androgen kurang maka akan terjadi hambatan dalam pertumbuhan penis. Masa paling penting pada laki-laki adalah usia 0-3 bulan setelah lahir, ketika produksi testosteron meningkat dan berperan penting dalam pertumbuhan penis.

Jadi penanganannya harus sejak usia dini atau saat bayi, biasanya dengan pemberian terapi hormon. Bisa dalam bentuk suntikan atau gel. Namun efeknya bila diberikan pada remaja atau pria dewasa sudah tidak signifikan. Pilihan kedua adalah dengan operasi rekonstruksi yang bisa dilakukan pada pria dewasa muda. Ukuran penis tidak mempengaruhi kejantanan atau kesuburan. Anda dapat membaca artikel cara menjaga kesehatan penis

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya meningkatkan jumlah sperma, makanan-makanan ini dipercaya bisa menyehatkan sperma.

Cara Meningkatkan Sperma dengan Makanan, Apa Saja Rekomendasinya?

Selain meningkatkan jumlah sperma, 14 makanan ini menyehatkan dan mengembalikan kesuburan pria. Jika ingin segera memiliki momongan, ada baiknya Anda mencoba cara meningkatkan sperma, dengan mengonsumsi rekomendasi makanan ini.