05 Dec 2019, 22:11Kandungan

Apakah penggunaan KB 4 bulan lalu dapat berpengaruh pada durasi haid yang memendek dan darah haid yang sedikit ?

A
Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Halo dok saya mau tanya ,dari bulan oktober saya haid cuma 3 hari itupun cuma sedikit banget trus bulan desember ini juga cuma haid 2 hari itu kenapa ya dok?apa masih pengaruh dari kb ?pdhal saya sudah lepas kb sekitar 4 bulan ,bahaya kah dok??
29673 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, A.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Permasalahan haid yang dialami wanita dapat berbeda-beda pada setiap individu. Diantaranya adalah gangguan pada durasi lama haid dan volume darah haid. Sebagian wanita mengeluhkan durasi haid yang berkepanjangan dan sebagian lainnya mengeluhkan durasi yang memendek. Begitu pula dengan volume darah haid. Ada yang sangat banyak dan ada yang cenderung sedikit atau tidak sebanyak biasanya.Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan volume darah haid yang sedikit dan durasi haid memendek :
  • Stres
  • Usia
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Konsumsi jenis obat-obatan tertentu
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Keadaan kehamilan dan menyusui
  • Kondisi medis seperti PCOS, gangguan tiroid dan kondisi lainnya
Terkait dengan keluhan Anda, darah haid yang sedikit dan durasi haid yang menjadi lebih pendek, masih mungkin disebabkan oleh adanya riwayat penggunaan KB, terutama KB berjenis hormonal, karena mekanisme KB tersebut adalah mencegah tubuh wanita melepaskan sel telur dan membuat dinding rahim tidak menebal sehingga volume darah yang merupakan hasil dari peluruhan dinding rahim hanya sedikit. Dan karena KB hormonal dapat mempengaruhi hormon-hormon siklus menstruasi secara menyeluruh maka diperlukan waktu yang tidak singkat untuk kembali kepada keadaan hormon sebelum menggunakan KB atau keadaan yang normal.Namun, untuk memastikan tidak adanya faktor lain yang mempengaruhi, sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter Spesialis Kandungan. Dan apabila disertai gejala lainnnya seperti nyeri sebaiknya Anda segera menemui dokter.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda coba untuk membantu melancarkan haid :

  • Berolahraga dengan etratur, terutama jenis olahraga yoga
  • Menjaga aberat badan tetap ideal
  • Mengonsumsi larutan jahe, larutan cuka apel, bubuk kayu manis dan buah nanas
  • Mengonsumsi suplemen vitamin D dan B
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
siklus haidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil