Apakah penggunaan alat pembesar penis aman digunakan?

S Info Penanya: S, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya hanya penasaran sih sebenarnya. Apakah alat pembesar penis itu aman untuk digunakan? Terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Ukuran penis sering dikaitkan dengan tingkat kesuburan pria. Banyak yang berasumsi bahwa penis yang kecil menandakan bahwa pria tersebut tidak subur, begitu juga sebaliknya. Padahal pada kenyataannya, untuk memastikan seseorang subur atau tidak, harus dilakukan pemeriksaan analisis sperma. 

Menurut penelitian, pria yang infertil memiliki penis 0,4 inchi lebih pendek dibanding pria yang tidak infertil. Pada pria yang normal, ukuran penis 5,3 inchi, sedangkan pada pria yang infertil ukuran penisnya 4,92 inchi. 

Saat ini, ada banyak alat pembesar penis yang dijual di pasaran seperti misalnya vakum pembesar penis. Vakum pembesar penis digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi. Walaupun begitu, belum ada penelitian yang mengatakan bahwa alat pembesar penis ini efektif membesarkan penis. Alat ini memiliki banyak resiko sehingga harus diteliti lebih lanjut. Resikonya yaitu nyeri atau luka di penis, pecahnya pembuluh darah, mati rasa, ereksi yang tidak natural, dan air mani yang tertahan. Jadi sejauh ini, alat pembesar penis belum aman digunakan.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak penyebab luka pada penis, seperti infeksi menular seksual, infeksi jamur, dan peradangan pada kepala penis

Bikin Cemas, Apa Penyebab Luka pada Penis yang Dialami Kaum Pria?

Penyebab luka pada penis bisa bermacam-macam. Mulai dari penyakit tertentu hingga gesekan aktivitas. Ketahui penyebab luka pada penis dan cara mengatasinya