13 May 2020, 11:13Psikologi

Apakah penggunaan alat bantu sex aman digunakan?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, saya ingin konsultasi masalah hubungan nih. Terkadang saya sulit terangsang oleh pasangan sehingga sering menggunakan alat bantu sex. Apakah ini aman dilakukan dok?
38162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Alat bantu seks merupakan alat penunjang yang dapat meningkatkan gairah seksual selama berhubungan. Untuk itu terkadang dibutuhkan alat bantu seks untuk menciptakan suasana baru saat berhubungan. Ada berbagai macam alat bantu seks yang bisa digunakan seperti vibrator, cincin, dan lain sebagainya.

Sebelum menggunakan alat bantu seks, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal seperti: 

  • Tidak sembarangan membeli alat bantu seks, sebisa mungkin belilah dari toko yang sudah terpercaya. 
  • Cuci terlebih dahulu alat bantu seks sebelum digunakan. Lalu selalu cuci sehabis dipakai menggunakan sabun dan air panas.
  • Selalu menggunakan kondom saat beraktivitas seksual menggunakan alat bantu seks untuk mencegah terjadinya penularan penyakit kelamin. Pastikan juga untuk langsung mengganti kondom dengan yang baru setelah terjadi ejakulasi atau telah melakukan penetrasi. 
  • Hindari meminjamkan alat bantu seks kepada pasangan lain. 
Jika menggunakan alat bantu seks dan tidak terjaga kebersihannya, Anda bisa tertular penyakit menular seperti klamidia, herpes, atau sipilis, memicu alergi dan kanker, dan juga dapat menyebabkan iritasi dan cedera. Sebaiknya pertimbangkan kembali manfaat dan ruginya jika Anda menggunakan alat bantu seks. Jika Anda menggunakan alat bantu seks dan muncul gejala seperti gatal-gatal, bengkak, bintik-bintik merah di organ intim Anda. Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kulit.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
hubungan sekssekspenyakit menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil