Apakah pengaruh olahraga senam untuk penderita asam lambung?

MO Info Penanya: MO, Wanita, 20 Tahun
Dokter,saya ingin bertanya.Apakah olahraga senam bagus atau boleh dilakukan oleh penderita asam lambung?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MO

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apa pengaruh olahraga pada asam lambung? Olahraga membantu menjaga berat badan sehat untuk mengurangi gejala asam lambung. Karena berat berlebih menekan perut dan mempengaruhi pintu kerongkongan bawah. Sehingga asam lambung bisa naik kembali ke kerongkongan. Dengan olahraga dan menjaga pola makan dapat mengurangi gejala dan komplikasi akibat asam lambung.

Sedangkan olahraga yang dilarang adalah yang high impact seperti berlari atau angkat beban. Karena akan ada peningkatan menelan udara saat sedang berolahraga. Makan sebelum berolaharaga juga bisa memicu refluks asam lambung. Beberapa gerakan seperti bergantung terbalik dan membungkuk dalam waktu lama juga bisa memberi tekanan ke perut anda. 

Olahraga high-impact yang bisa mengakibatkan asam lambung :

  • berlari
  • sprint
  • angkat beban
  • senam alat
  • bersepeda
  • lompat tali
  • naik tangga

Makan sebelum olahraga juga meningkatkan resiko terpicunya asam lambung karena olahraga. Beberapa makanan yang perlu dihindari seperti tomat, coklat, kopi, makanan berminyak, makanan berlemak, mentol, alkohol dan soda. Jika memang berencana olahraga, beri jarak 2-3 jam setelah makan. Berikut artikel mengenai cara menurunkan asam lambung tanpa obat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Push up ialah salah satu gerakan olahraga yang bisa membentuk otot dada.

5 Cara Membentuk Otot Dada Hanya dengan Gerakan Push Up

Selain melakukan bench press di gym, masih ada cara membentuk otot dada yang bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah. Apalagi kalau Anda pekerja yang sibuk, sehingga tidak punya waktu berolahraga.