Apakah penderita sindrom klinefelter bisa disembuhkan?

PM Info Penanya: PM, Pria
Dok, Apakah penderita sindrom klinefelter bisa disembuhkan dengan meningkatkan hormon testosteron ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PM,

Sindrom klinefelter adalah kondisi kelainan genetik dimana laki-laki memiliki kelebihan kromosom X menjadi kromosom XXY yang harusnya XY. Kasus ini juga merupakan kasus yang jarang dan langka.

Gejalanya sendiri diantaranya tampak pada alat kelamin dimana ukuran penis dan testis tampak lebih kecil, gangguan produksi sperma, pembesaran payudara, peningkatan tinggi badan yang dastis, gangguan pada perkembangan seperti keterlambatan bicara, membaca, menulis atau berkomunikasi, mengalami gangguan kecemasan dan depresi dan kondisi lainnya.

Penanganan sendiri dilakukan salah satunya dengan memberikan terapi hormonal pengganti berupa hormon testosteron sehingga bisa menimbulkan karakter laki-laki terutama pada masa pubertas. Selain itu juga dilakukan penanganan lain untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dan juga beberapa penanganan untuk mengatasi permasalahan fisik yang timbul. Untuk itu perlu pemeriksaan dan kontrol berkala pada dokter untuk penanganan apabila mengalami sindrom klinefelter tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mikrosefali menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak yang dapat memengaruhi kualitas hidupnya

Mikrosefali dan Pengaruhnya Terhadap Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Mirkosefali adalah kondisi ketika kepala bayi memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan ukuran normal. Mirkosefali menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak yang dapat memengaruhi kualitas hidupnya.