13 Oct 2021, 17:49Pernapasan

Apakah penderita tbc boleh vaksin Covid-19?

AN
Info Penanya: AN0
Hallo dok?,Saya mau bertanya,ibu saya terkena penyakit paru2, apakah penderita paru²dan sudah menjalani pengobatan selama 5 bulan di perbolehkan mengikuti vaksin covid-19??
108 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Vaksin adalah salah satu upaya untuk mengendalikan penularan virus corona, namun belum semua orang boleh melakukan vaksin. Jika sedang dalam pengobatan penyakit paru yaitu TBC, maka vaksin corona boleh tetap dilakukan selama pengobatan TBC sudah berjalan minimal 2 minggu dan tidak ada komplikasi penyakit.

Persiapan vaksin

Sebelum vaksinasi pastikan kembali bahwa kondisi tubuh ibu Anda sedang dalam keadaan sehat misalnya tidak sedang demam maupun tidak sedang penurunan imunitas. Nanti pada lokasi vaksin, akan ada skrining kesehatan oleh dokter dan jika pada saat pemeriksaan tersebut Anda dinyatakan sehat, maka boleh langsung melakukan vaksinasi.Namun jika tidak akan lolos skrining, vaksin harus ditunda hingga kondisi tubuh ibu Anda siap menerima virus yang dimasukkan dari vaksin. Vaksin sendiri merupakan virus mati yang tidak akan menyebabkan terinfeksi corona, namun vaksin ini juga tidak 100% membuat tubuh kebal dari virus sehingga setelah vaksin, sebaiknya tetap lakukan protokol kesehatan. Pengobatan TBC juga tetap harus dilanjutkan hingga tuntas meskipun sudah vaksin. Jika setelah vaksin ibu Anda mnegalami kejadian ikutan pasca imunisasi seperti demam, pusing, lemas, dan nyeri otot, lakukan konsultasi ke dokter terdekat ya.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tbccoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil