Apakah penderita HIV aman mengonsmumsi buah merah?

R Info Penanya: R
Dok, kebetulan saya menderita HIV. Apa boleh dok minum buah merah untuk metode pengobatan? Ditunggu infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R,

Buah merah adalah buah yang khas dan terdapat di daerah papua. Buah ini memiliki bentuk yang mirip seperti buah nangka dari luar tetapi berwarna merah. Buah ini dipercaya memiliki beragam khasiat kesehatan seperti diantaranya:

  • Memiliki efek mencegah kanker
  • Memliki efek mengatasi infeksi virus dan bakteri
  • Memiliki efek mengatasi inflamasi
  • Memiliki efek anti radikal bebas

Meskipun memiliki efek yang dianggap baik untuk kesehatan salah satunya karena kandungan antioksidan, omega, sumber vitamin A yang tinggi dan kandungan lainnya, efek dari buah merah sendiri masih perlu diteliti lebih lanjut. Sampai saat ini masih perlu dilakukan banyak penelitian dan uji klinis untuk membuktikan khasiatnya.

Sebagai salah satu asupan nutrisi, buah ini boleh dikonsumsi tetapi jika memiliki masalah kesehatan lain tetap perlu mengonsumsi obat rutin terutama apabila menderita infeksi HIV agar tidak lupa atau melewatkan meminum obat antiretroviral (ARV) hariannya.

Selain itu jika memiliki gangguan fungsi hati atau masaalh ginjal perlu menghindari mengonsumsinya sebelum berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran penambah darah ada banyak macamnya, mulai dari wortel hingga ubi jalar.

8 Sayuran Penambah Darah untuk Atasi Anemia

Sayuran penambah darah seperti bayam, kentang, tomat, hingga jamur ternyata kaya akan nutrisi yang dapat mencegah atau mengetasi anemia. Berbagai sayuran penambah darah ini juga lezat untuk disantap!