12 Jul 2020, 09:22Penyakit Lainnya

Apakah penderita Azoospermia dapat disembuhkan?

LP
Info Penanya: LP0
Selamat pagi dok,Sy mau bertanya dok, suami sy sudah habis melakukan pemeriksaan cairan sperma di Prodia dan hasilnya Azoospermia, kami sangat terkejut melihat di google kelihatannya sangat fatal. Apakah penderita azoospermia dapat disembuhkan? Kalau boleh bertanya kira-kira peluang hamil berapa persen dok?
13560 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, LTerima kasih atas pertanyaan Anda.Kesuburan seorang pria sangat dipengaruhi dari kualitas sperma yang dimiliknya. Azoospermia merupakan suatu keadaan dimana ditemukan sangat sedikit atau bahkan tidak ditemukan sperma pada air mani seorang pria. Azoospermia ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kesuburan pria, dan terjadi kurang lebih 1 % dari seluruh pria yang ada di duia dan terjadi sekitar 15% pada pria yang dinyatakan tidak subur. Proses terbentuknya sperma didalam tubuh pria disebut dengan istlah spermatogenesis. Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan Azoospermia adalah:
  • Azoospermia pretestikuler, kondisi ini disebabkan oleh adanya gangguan hormon seks pria yang mempengaruhi produksi sel sperma di testis. Beberapa penyebabnya seperti:
    • Kallman sindrom
    • Adanya gangguan pada hipotalamus 
  • Azoospermia testiculer, kondisi ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada testis yang dapat menyebabkan testis tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Beberapa penyebabnya seperti:
  • Azoospermia post-testikuler, kondisi ini disebabkan karena sel sperma yang dihasilkan tidak dapat dikeluarkan dari penis. Beberapa penyebabnya seperti:
    • Vasektomi
    • Azoospermia obstruktif
    • Ejakulasi retrograde
Terkait dengan pertanyaan Anda, perlu dipastikan terlebih dahulu penyebab pasti dari terjadinya azoospermia pada suami Anda. Untuk itu, sebaiknya periksakan dan konsultasikan kepada dokter spesialis Andrologi terdekat, agar dilakukan tatalaksana dan terapi.Konsumsilah makanan sehat bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan, perbanyak konsumsi protein, hindari stres dan kelelahan, serta lakukanlah olahraga agar badan sehat dan bugar. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
masalah seksualsekstes kesuburansperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil