Apakah penderita asam urat boleh meminum teh ?

VD Info Penanya: VD, Wanita, 24 Tahun
Apakah boleh penderita asam urat meminum teh? Apakah dapat meningkatkan purin?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore. VDF.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penyakit asam urat adalah sebutan umum untuk kondisi penumpukan asam urat dalam darah yang kemudian terlokalisir pada daerah persendian kaki. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai faktor pemicu, seperti gangguan metabolisme yang memicu produksi yang berlebih dari asam urat, penyakit tertentu, obesitas, faktor keturunan, penggunaan obat-obtan tertentu kebiasaan mengonsumsi alkohol secara berlebihan serta mengonsumsi makanan dan minuman tertentu seperti :

  • makanan laut
  • daging organ dan daging merah
  • makanan dan minuman manis
  • makanan dan minuman olahan
  • garam yang terlalu banyak

Mengenai pertanyaan Anda, hal yang perlu diwaspadai dari teh adalah kandungan kafeinnya, karena kandungan purin pada teh tidaklah tinggi. Maka secara garis besar teh masih dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat asalkan dalam kadar yang tidak berlebihan, karena kafein dalam jumlah yang banyak dapat mengganggu metabolisme purin dalam tubuh. Dan yang perlu Anda perhatikan adalah cara mengonsumsi teh, teh sebaiknya dikonsumsi secara tawar atau tidak dikonsumsi dengan gula, karena gula juga memiliki risiko untuk meningkatkan asam urat.

Selain asupan makanan, hendaknya untuk tetap berolahraga secara teratur, menjaga berat badan ideal dan mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya (2liter/hari) untuk mencegah terjadinya penumpukan kadar asam urat di dalam tubuh.

Apabila Anda masih ragu, Anda dapat mengkonsultasikannya langsung dengan dokter Spesialis Gizi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit ginjal ini bisa terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda, daging, dan junk food

Jaga Pola Makan dan Hindari Makanan Penyebab Sakit Ginjal!

Daging hanyalah satu dari banyaknya makanan penyebab sakit ginjal! Pola makan yang baik mengurangi risiko Anda terkena penyakit gagal ginjal kronis. Ginjal tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan kotoran saja, tetapi juga berguna untuk memproduksi hormon yang mengontrol tekanan darah dan menghasilkan vitamin D