Apakah pendarahan atau tanda kehamilan?

Y Info Penanya: Y
Dok, tgl 11 juni saya mens biasanya lama mens 7 hari. Di tgl 18 saya msh mens sedikit tapi saya melakukan hubungan intim menggunakan pengaman + memakai postinor. Kemudian di tgl 23 saya mens lagi dok. Dengan intensitas darah yg cukup banyak. Apakah itu pendarahan/mens/tanda kehamilan ya? Apakah di tgl 18 tsb termasuk masa subur saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Y,

Pendarahan diluar masa menstruasi adalah keluhan yang bisa timbul akibat beragam penyebab mulai dari adanya masalah di organ reproduksi, gangguan hormonal, efek samping KB, efek obat tertentu dan penyebab lainnya.

Jika melakukan hubungan seksual dan menggunakan pengaman seperti kondom ataupun juga mengonsumsi pil kontrasepsi maka kemungkinan hamil kecil. Bisa jadi pendarahan bukan menstruasi ataupun tanda kehamilan.

Karena mengonsumsi postinor, keluhan yang timbul bisa merupakan efek samping dari penggunaan obat tersebut. Obat tersebut merupakan obat resep yang baiknya digunakan apabila sudah memeriksakan diri pada dokter terlebih dahulu. Beberapa efek samping yang bisa terjadi diantaranya:

  • Reaksi alergi
  • Pendarahan
  • Nyeri payudara
  • Gangguan pencernaan seperti mual dan muntah

Apabila masih menunda kehamilan ada baiknya menggunakan metode kontrasepsi yang bisa digunakan teratur seperti mengonsumsi pil KB secara teratur atau menggunakan kondom setiap kali melakukan hubungan seksual. Jika pendarahan terjadi lebih dari 7 hari, periksakan diri pada dokter atau dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.