Apakah Pen Tulang yang menetap lama dalam tubuh berbahaya jika dibiarkan?

R Info Penanya: R
Apakan pemasangan pen pada kasus patah tulang nantinya akan dilepas pen nya? Dan apakah kalau tidak dilepas pennya bisa berbahaya? Saya pasien patah tulang bawah pundak depan dok. Terima kasih atas jawabannya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R,

pada beberapa kasus untuk patah tulang dokter memasukkan pen di dalam tulang dengan tujuan agar tulang dapat merekat kembali dan sempurna serta menahan posisi tulang tersebut agar proses perlekatan/penyambungan tulang berjalan dengan baik dan optimal sehingga diharapkan tulang kembali seperti semula dalam istilah medis proses ini dikenal dengan fiksasi.

Pen dalam tulang sebenarnya bisa atau boleh dibiarkan selama tidak didapatkan keluhan dari pasien tersebut, diantaranya :

  1. Bila didapatkan rasa nyeri,bengkak, kemerahan ataupun tidak nyaman di sekitar lokasi pemasangan pen.
  2. Adanya proses penyambungan tulang/penyembuhan tulang yang tidak sempurna
  3. Adanya kerusakan saraf yang ditandai rasa nyeri atau adanya rasa kebas di area sekitar lokasi pen dipasang.
  4. Adanya infeksi yang ditandai diantaranya demam, bengkak, bisa juga didapatkan nanah. Untuk kasus seperti ini maka dokter bedah akan mengambil tindakan agar tidak terjadi infeksi lebih lanjut.

Untuk kasus pemasangan pen yang sudah tertanam lama di tubuh jika diambil maka juga didapatkan potensi yakni adanya kelemahan struktur tulang di bagian tulang yang sudah lama dipasang pen, selain itu ada juga resiko jika pen tidak diambil yakni infeksi. Hal ini dikarenakan pen tesebut dianggap sebagai benda asing oleh tubuh dan rentan bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk penanganan yang lebih baik sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan lepas pen. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Skoliosis ringan sering tidak menimbulkan gejala apapun

Memahami Kondisi Skoliosis Ringan dan Risiko Komplikasinya

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang melengkung ke samping. Skoliosis ringan tidak menimbulkan gejala, tetapi kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi.