01 Dec 2020, 08:14Mata

Apakah pembuluh darah mata pecah harus dibawa ke dokter?

A
Info Penanya: A0
Pagi dok, kemarin adik saya mengalami kecelakaan saat bersepeda. Matanya berdarah dan setelah saya lihat-lihat, kok seperti pembuluh darah mata pecah. Apa ini harus dibawa ke dokter dok?
194 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, ATerima kasih atas pertanyaannya.Mata berdarah merupakan kondisi dimana adanya kemerahan pada bagian putih pada mata.  Keadaan ini dinamakan perdarahan subkonjungtiva.  Pada lapisan mata memiliki banyak pembuluh darah kecil.  Ketika pembuluh darah ini pecah, darah bisa mengalir antara lapisan mata dan sklera mata.  Kondisi ini memang mengkhawatirkan namun sebenarnya kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya.

Penyebab perdarahan pada mata :

  • Adanya tekanan berlebih seperti saat batuk atau bersin terlalu keras dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah naik tiba-tiba sehingga pecah.
  • Trauma atau cedera mata juga dapat menyebabkan perdarahan pada mata.
  • Penggunaan obat-obatan pengencer darah.
  • Riwayat operasi mata.
  • Gangguan pada pembuluh darah mata.n
Perdarahan subkonjungtiva tidak memerlukan penanganan khusus karena darah akan terserap kembali selama 1-2 minggu setelah timbul keluhan.   Selain perdarahan pada subkonjungtiva ada pula perdarahan pada mata karena luka pada kornea atau iritasi mata.  Untuk itu, jika mata menjadi kabur, atau penglihatan terganggu, pusing, nyeri pada mata segera perika ke dokter mata untuk evaluasi keluhan.Tindakan awal pada adik anda hindari memegang atau mengucek mata yang berdarah,  dapat diberikan kompres handuk hangat bergantian pada mata selama 3 hari kedepan, gunakan kacamata jika berpergian. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
cederaperdarahan subkonjungtivaperdarahan matamata merah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil