06 Jan 2021, 15:16Penyakit Lainnya

Apakah payudara dan puting yang kecil bisa menyusui anak ?

A
Info Penanya: A, Wanita, 14 Tahun
siang dok, apakah ukuran puting PD mengikuti ukuran PD nya? sya brumur 17 thn dan PD sya masi kecil dan putingnya jga kecil dan terdpt lecet di bagiam putingnya apakah puting tsb bisa kembali tdk lecet? apaakh ukurn puting yg kecil itu normal? dan bisa utk kedpannya bisa untuk mnyusui anak?
155 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, A.Payudara merupakan salau satu organ reproduksi wanita dimana payudara memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada wanita dengan ukuran payudara yang besar, ada ukuran payudara yang kecil. Terkadang ukuran payudara ini tidak dipengaruhi oleh berat badan seseorang, banyak diantara wanita berbadan mungil, memiliki payudara yang besar. Begitu pula dengan bentuk puting payudara tidak berdasarkan ukuran payudaranya. 

Apakah payudara dan puting yang kecil bisa menyusui anak ?

Air susu ibu (ASI) adalah makanan yang sangat penting bagi bayi. ASI selain mengandung gizi, vitamin, mineral juga mengandung antibodi yang berguna untuk mencegah bayi dari infeksi penyakit. ASI diproduksi dari payudara menyesuaikan dengan kebutuhan bayi, bukan berdasarkan ukuran payudara. Puting yang kecil masih dapat menyusui bayi dengan teknik yang benar, karena bayi tidak hanya menyusui lewat puting namun seluruh bagian aerola payudara.

Apakah puting yang lecet bisa sembuh kembali ?

Puting yang lecet dapat disebabkan oleh penggunaan BRA yang terlalu ketat, berkawat, tidak menyerap keringat membuat puting menjadi riitasi, gatal, dan lecet. Selain itu puting yang lecet bisa terjadi karena luka gores kuku saat membersihkan puting. Puting yang lecet dapat sembuh dengan sendirinya dengan menjaga agar puting lecet tersebut tidak terinfeksi. Anda dapat membersihkan lecet pada puting menggunakan air bersih 2 x sehari dan dikeringkan. Hindari penggunaan BRA yang terlalu ketat. Jaga kebersihan payudara. Lakukan periksa payudara sendiri secara teratur, atau yang disebut dengan SADARI.Jika lecet di payudara tidak kunjung sembuh, diikuti dengan puting mengeluarkan cairan seperti nanah, darah, payudara terasa sangat gatal, terdapat benjolan, segera ajak orangtua untuk konsultasi ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
penyembuhan lukatumor jinak payudarapayudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil