Apakah payudara beda ukuran normal?

EM Info Penanya: EM
Salam Dok..Payudara saya beda ukuran sudah lama, umur saya sekarang 21 tahun. Pernah tiba-tiba terasa nyeri di payudara yang lebih kecil, tapi jarang. Saya cari apakah ada benjolan, pernah saya raba dibagian ketiak dan memang ada, tapi kalau sekarang tidak. Kadang ada, kadang tidak. Apakah ukuran payudara saya bisa sama rata? Dan apakah ini tanda kanker payudara?Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EM,

Payudara adalah organ yang menunjang penampilan dan juga berfungsi untuk menyusui bayi untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Sehingga idealnya ibu hamil harus memberikan ASI ekslusif selama minimal 6 bulan kepada bayinya untuk kesehatan bayinya.

Perihal payudara yang besar sebelah selama bedanya tidak mencolok maka wajar saja, karena sama seperti tangan kanan dan kiri tentu ukurannya berbeda dan bagian kanan lebih besar karena sering dipakai untuk beraktivitas, kecuali pada orang kidal yang lebih dominan tangan kirinya.

Adanya benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh kelenjar getah bening yang membesar ketika terjadi proses infeksi, dan akan hilang dengan sendirinya saat infeksinya reda. Namun bila sampai teraba benjolan di payudara maka bisa saja akibat FAM, peradangan payudara hingga kanker payudara. Dan diperlukan USG payudara untuk membedakannya.

Saat ini yang perlu Anda lakukan adalah USG dan payudara jangan ditekan-tekan serta hindari penggunaan bra yang terlalu ketat. Lakukan pemeriksaan ke dokter bedah untuk memastikan payudara Anda tidak mengalami masalah.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cuaca dingin menjadi salah satu penyebab puting mengeras

Ternyata Ini Penyebab Puting Mengeras pada Wanita

Puting mengeras merupakan hal yang umum terjadi pada wanita, terutama saat mendapat rangsangan seksual. Namun, kondisi ini ternyata dapat disebabkan oleh berbagai hal. Apa saja?