Apakah pasien sembuh corona berisiko kanker paru?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hi dok, saya ingin bertanya. Apa benar jika sudah tertular corona maka pasien yang sembuh bisa terkena kanker paru-paru? Ada juga yang bilang kalau sudah pernah kena, nanti fungsi parunya jadi berkurang. Apa benar, dok? Mohon infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Penyakit COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Virus corona merupakan jenis virus baru yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini awalnya muncul di kota Wuhan, China. 

Jika terserang virus ini, maka akan timbul gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sesak napas, dan lemas. Kondisi terparah ketika terinfeksi virus corona yaitu timbulnya penyakit pneumonia (peradangan paru-paru), hingga acute respiratory distress syndrome (ARDS). 

Virus corona tidak menyebabkan kanker paru-paru. Itu hanyalah mitos belaka yang mengatakan bahwa virus corona bisa menyebabkan kanker paru-paru. Kanker paru-paru dan COVID-19 merupakan kondisi penyakit yang berbeda. Kanker paru-paru disebabkan oleh sel kanker yang muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, terpapar asap rokok, terpapar asbes, keturunan, dll. Sedangkan COVID-19 disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang paru-paru. Jadi, dari penyebabnya saja sudah berbeda dan otomatis penanganannya juga berbeda. 

Memang benar adanya jika terinfeksi virus corona fungsi paru-paru akan mengalami penurunan. Itu disebabkan karena beberapa bagian paru-paru mengalami kerusakan. Sehingga tidak dapat berfungsi seperti sebelumnya. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terinfeksi virus corona. Cukup dengan mengikuti anjuran pemerintah yaitu di rumah saja, maka Anda sudah membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Positif terinfeksi virus corona sering ditandai dengan gejala batuk

Jangan Panik! Lakukan Hal Berikut Jika Anda Positif Terinfeksi Virus Corona

Positif terinfeksi virus corona yang paling akurat hanya dapat dilihat melalui tes SWAB. Pasien yang positif terinfeksi corona bisa menimbulkan gejala ringan, gejala berat, atau mungkin tidak bergejala sama sekali