08 May 2020, 14:04Infeksi

Apakah Pasien Penyakit Ginjal Kronis Boleh Puasa?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dokter, Ibu saya punya penyakit ginjal dan mengharuskannya untuk cuci darah. Bolehkah berpuasa saat melakukan cuci darah?
10764 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Hingga saat ini, masih menjadi perdebatan apakah pasien dengan penyakit ginjal boleh menjalani puasa atau tidak. Beberapa penelitian menyatakan bahwa berpuasa tidak menimbulkan dampak berbahaya bagi penderita penyakit ginjal kronis.Namun tidak semua pasien yang mengalami gangguan fungsi ginjal diperbolehkan untuk berpuasa. Hal ini tergantung dengan kondisi fisiknya masing-masing. Pasien penyakit ginjal yang mengalami masalah seperti poliuria, kadar gula darah tidak terkendali, tekanan darah selalu tinggi, mengalami infeksi hingga komplikasi fungsi jantung.

Yang harus di perhatikan jika seseorang gangguan ginjal kronis berpuasa :

  • Tetap minum obat-obatan yang diberikan oleh dokter ketika sahur dan berbuka puasa.
  • Ketika berbuka puasa, hindari makan yang mengandung kalium dan fosfor tinggi seperti, kurma, aprikot, gorengan, dan keju.
  • Penuhi cairan tubuh dengan cara banyak minum ada waktu berbuka dan sahur. Dalam satu hari, pasien dianjurkan untuk minum air sekitar 1-2 liter untuk menghindari dehidrasi.
  • Air minum yang sebaiknya dikonsumsi pasien dengan penyakit ginjal kronis adalah air mineral. Hindari berbagai macam minuman yang dapat memberatkan kerja ginjal seperti kopi dan teh.
Apabila muncul gejala seperti bengkak di beberapa bagian tubuh, merasa pusing, susah bernapas, serta merasa kelelahan, maka pasien harus segera membatalkan puasanya. Jangan lupa untuk kontrol teratur ke dokter spesialis penyakit dalam.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penyakit ginjaltips puasagagal ginjal kronis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil