Apakah paracetamol dapat menghilangkan nyeri saat haid?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dokter, saya baru haid kemarin trus badan saya demam dan vagina saya terasa nyeri. apa paracetamol bisa sekaligus menghilangkan nyeri pada vagina?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Paracetamol merupakan salah satu obat yang memiliki efek antipiretik (penurun demam) dan analgetik ringan (pereda nyeri) yang seringkali dipakai orang karena mudah didapat dan dijual bebas.

Namun paracetamol dapat menimbulkan reaksi alergi berupa gatal, ruam kemerahan, sesak napas, dll bila dikonsumsi oleh orang yang ternyata alergi paracetamol.

Sedangkan untuk mengatasi keluhan nyeri haid, paracetamol cukup membantu meredakan keluhan nyerinya. Kecuali bila nyeri haid disebabkan oleh gangguan lain seperti endometriosis, radang panggul, adenomiosis, dll biasanya tidak membantu dengan pengobatan paracetamol, dan Anda harus lebih waspada.

Nyeri haid yang harus Anda waspadai adalah :

  1. Bila nyeri terasa sangat berat.
  2. Berlangsung lebih dari 4 hari.
  3. Nyeri tidak rutin setiap bulan.

Bila Anda mengalami nyeri haid yang sekiranya tidak wajar, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk dilakukan USG perut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.