Apakah papsmear wajib dilakukan?

M Info Penanya: M, Wanita, 18 Tahun
Dok, apakah papsmear wajib dilakukan jika sudah pernah berhubungan seksual? Meskipun masih berusia di bawah 20 tahun?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang. IJ.

Terimakasi atas pertanyaan Anda.

Papsmear merupakan jenis pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui adanya gangguan pada leher rahim (serviks) yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker. Cara kerjanya yaitu mendeteksi adanya sel-sel yang abnormal di daerah leher rahim yang mungkin berpotensi menjadi keganansan atau kanker.

Manfaat dilakukannya pemeriksaan papsmear ini adalah membantu mengidentifikasi dan mencegah kanker serviks untuk berkembang lebih luas. Dengan kata lain, pemeriksaan papsmear ini digunakan sebagai alat pendeteksi dini kanker serviks. Namun, butuh untuk diketahui bahwa tes ini hanya bersifat screening dan bukan prosedur diagnosis yang dapat menentukan dengan pasti. Perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan apabila pada pemeriksaan papsmear ditemukan sel-sel yang abnormal pada leher rahim.

Kapan dan siapakah yang perlu melakukan pemeriksaan ini ?

Pemeriksaan papsmear sebaiknya dilakukan sejak wanita berusia 21 tahun, atau telah menikah dan aktif secara seksual. Pada kelompok usia tertentu, dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan yang dilakukan lebih rutin sesuai dengan indikasinya.

Mengenai pertanyaan Anda, apabila telah melakukan hubungan seksual walaupun belum berusia 20 tahun, sebaiknya tetap dilakukan pemeriksaan papsmear sebagai tindakan pencegahan dan antisipasi dari kanker serviks.

Selain melakukan peperiksaan papsmear, langkah untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks dapat dilakukan dengan menghindari rokok dan tidak melakukan hubungan seksual yang tidak aman. 

Apabila Anda masih ragu, sebaiknya konsultasikanlah secara langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Polip rahim yang berukuran kecil dapat hilang dengan sendirinya tanpa terapi khusus

Apa yang Harus Dilakukan Bila Alami Gejala Polip Rahim?

Polip rahim adalah jaringan abnormal yang bersifat jinak dan biasanya tidak menimbulkan gejala. Polip rahim sering terjadi ada wanita yang akan atau sudah mengalami menopause.