23 Aug 2020, 00:56Kandungan

Apakah ovulasi terlambat mengakibatkan haid terlambat?

D
Info Penanya: D, Wanita, 22 Tahun
saya tgl 10 agustus tes ovulasi dan hasilnya positif dok. dan harusnya menurut aplikasi sy ovulasi harusnya tgl 6 agustus dok. jadwal haid saya shrusnya tanggal 21 agustus dok. apakah keterlambatan mens saya akibat ovulasi yang terlambat? skg sy baru merasakan gejala nyeri di perut bawah kadang ada dan kadang tidak dok spt mau menstruasi pdahal sy sudah telat dari jadwal seharusnya. siklus saya juga teratur dok biasa 2 bulan ini.
2451 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, D.Ovulasi adalah kondisi ketika sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi akan dilepaskan oleh indung telur. Ovulasi terjadi 14 hari sebelum haid berikutnya. Oleh karena itu, benar apa yang Anda utarakan, bahwa ovulasi yang mundur akan menyebabkan haid berikutnya juga mundur.Apabila Anda mengalami ovulasi pada tanggal 10 Agustus, maka kemungkinan haid selanjutnya akan datang pada tanggal 24 Agustus. Rasa nyeri pada perut bawah yang Anda rasakan bisa saja disebabkan oleh pre-menstrual syndrome, yaitu sekelompok tanda dan gejala yang timbul karena fluktuasi hormon tubuh sebelum haid.Untuk mengurangi gejala nyeri perut tersebut, Anda dapat melakukan beberapa hal di rumah:
  • Mengonsumsi makanan yang kaya magnesium, misalnya pisang atau brokoli
  • Minum air rebusan kunyit
  • Mengompres perut dengan handuk hangat
  • Banyak beristirahat dan hindari lakukan aktivitas yang terlalu berat
  • Apabila tidak tertahankan, konsumsilah obat antinyeri yang dijual bebas, misalnya parasetamol sesuai dosis
Lalu, pantaulah haid Anda, apakah benar tanggal 24 Agustus besok akan datang. Keterlambatan dapat ditoleransi sampai tiga hari, yaitu 27 Agustus. Apabila ternyata Anda tidak haid, maka boleh-boleh saja melakukan testpack untuk mengonfirmasi ada kehamilan atau tidak. Untuk informasi lebih lanjut, jangan sungkan untuk datang dan berkonsultasi tatap muka kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan terdekat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidmasa suburpremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil