Apakah opium termasuk jenis narkoba?

SA Info Penanya: SA, Wanita
Saya mau tanya dok. Apakah Opium (Opiat) termasuk jenis narkoba?Jika benar bagaimana cara menghilangkan zatnya? mohon penjelasannya dok terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Opium merupakan sejenis getah yang menjadi bahan baku dari narkoba dan sering dikenal juga dengan nama poppy. Opium mengandung morfin yang dimana bekerja langsung pada sistem saraf pusat untuk menghilangkan rasa sakit. Zat ini merupakan narkotika golongan pertama yang dimana memiliki daya adiktif yang tinggi. Jenis narkotika lain yang sejajar dengan opium adalah ganja, heroin, kokain, dan morfin. Opium pada jaman dahulu digunakan sebagai pengobatan, tetapi jaman sekarang ini sering kali disalahgunakan pemakaiannya. Efek samping dari kecanduan opium yaitu penurunan kesadaran, rasa kantuk, lesu, penglihatan kabur, euforia, dan konstipasi.

Ada beberapa efek samping narkoba yang ditimbulkan, yaitu:

  • Stimulan. Contoh macam-macam narkoba yang memberikan efek ini adalah ekstasi, amfetamin, sabu, dan kokain. 
  • Depresan. Jenis narkoba yang beredar seperti heroin, morfin, dan ganja.
  • Halusinogen. Narkoba jenis halusinogen yang sering ditemui yaitu LSD, PCP, magic mushroom, dll. 

Jenis narkoba diatas memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan. Jadi, sebaiknya dihindari penggunaan narkoba. Untuk menghilangkan efek samping dari zat ini, sebaiknya Anda melakukan rehabilitasi ke dokter spesialis jiwa sehingga Anda mendapatkan terapi yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ikan berlemak tinggi, seperti salmon dan tuna merupakan makanan penambah tenaga.

Begini Cara Meningkatkan Stamina dengan Sehat dan Aman

Untuk meningkatkan stamina sehat dan menyenangkan bisa dengan beberapa jenis makanan penambah tenaga, yaitu alpukat dan ikan berlemak tinggi sepeti tuna, salmon, dan ikan kembung.