Apakah operasi hipospadia pada anak bayi aman dilakukan?

V Info Penanya: V, Pria, 39 Tahun
Malam dokter apakah operasi hipospadia pada anak bayi aman di lakukan dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi V,

Hipospadia merupakan kelainan anatomi pada letak saluran kencing terluar dimana letaknya tidak di ujung penis tetapi bisa berada di sisi bawah batang penis. Kelainan ini timbul sebagai kelainan bawaan lahir karena pembentukan penis saat dalam kandungan yang tidak sempurna dipengaruhi oleh faktor genetika.

Penanganan hipospadia sendiri adalah dengan operasi untuk memperbaiki bentuk saluran kemih dan bisa dilakukan beberapa tahap tergantung dari kondisi hipospadia yang terjadi. Operasi sendiri dilakukan saat anak berusia antara 3-18 bulan. Setiap operasi tentunya memilki risiko tetapi dengan pengetahuan dan kemajuan ilmu kedokteran, operasi dapat berjalan aman. Anda dapat berkonsultasi secara langsung pada dokter bedah yang akan menangani anak Anda mengenai kapan operasi akan dilakukan dan kemungkinan apa yang dapat timbul agar informasi yang diberikan dapat lebih jelas sesuai kondisi anak Anda.

Jika tidak ditangani dengan baik hipospadia dapat menimbulkan kesulitan saat berkemih dan juga masalah reproduksi nantinya dimana dapat memicu kemandulan. Untuk itu tidak perlu takut untuk dilakukan penanganan pada anak Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

EP
13 Oct 2019, 08:17
Untuk anak yg mengalami hipospadia,dokter spesialis apa yang menangani
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih adalah gangguan yang terjadi pada bagian kandung kemih atau uretra

Sering Buang Air Kecil? Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih

Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang berhasil masuk ke sistem saluran kemih dan menginfeksi bagian-bagian dari sistem tersebut. Infeksi saluran kemih pada bagian kandung kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.Coli dari anus.