Apakah ondansentron aman untuk ibu hamil?

SH Info Penanya: SH, Wanita, 18 Tahun
Halo dok, ondansentron 4mg bisa buat ibu hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SH

Apakah obatnya untuk mengurangi morning sickness saat hamil? Biasanya gejala mual di pagi hari bisa ditangani dengan perubahan pola makan. Namun untuk kasus yang belum teratasi mungkin dokter akan meresepkan obat tersebut agar tidak sampai dehidrasi atau penurunan berat badan. Sebetulnya obat tersebut awalnya digunakan untuk mual yang terkait kemoterapi / operasi. Jadi lebih baik bila digunakan setelah tidak ada pilihan lainnya.

Bila mengganti pola makan dan menghindari makanan yang menyebabkan mual belum berhasil. Coba menggunakan terapi yang mengandung jahe atau vitamin B6. Sebaiknya ibu hanya menggunakan obat atas instruksi dan pengawasan dari Dokter Spesialis Kandungan. Kalaupun ibu sudah minum obatnya, resiko kepada bayi sangat kecil. Saya lampirkan artikel mengenai Panduan Minum Obat saat Hamil yang Aman untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kehamilan menyebabkan berbagai perubahan pada tubuh ibu yang dipengaruhi oleh pertumbuhan janin dan hormon

Penting! Beberapa Hal Ini Perlu Diperhatikan Ibu saat Hamil Tua

Saat hamil tua, terjadi berbagai perubahan pada tubuh ibu. Untuk mengakomodasi perubahan yang terjadi, ada beberapa aturan dan pantangan yang harus dituruti, misalnya mengenai posisi tidur dan berhubungan seks.