Apakah onani dapat menyebabkan varikokel atau hernia?

FH Info Penanya: FH, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin Bertanya, Apakah Onani Dapat Menyebabkan Varikokel/Hernia tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FH,

Varikokel dan Hernia merupakan salah satu kondisi yang bisa menimbulkan keluhan seperti pembesaran testis. Keduanya memiliki penyebab dan gejala yang berbeda. Pada varikokel sendiri terjadi karena pelebaran pembuluh darah vena di skrotum. Penggunaan celana yang terlalu ketat, kebiasaan mengendarai motor sering kali dikaitkan dengan timbulnya varikokel tetapi penyebab pastinya tidak diketahui.

Hernia sendiri terjadi karena isi organ di perut menembus dinding otot yang lemah hal ini dipicu oleh batuk yang berkepanjangan, sering mengangkat beban berat, kebiasaan merokok, berat badan berlebih dan lainnya. 

Onani sendiri bukan faktor risiko terjadinya hernia atau varikokel tetapi jika onani dilakukan dengan cara-cara yang tidak wajar mungkin secara tidak langsung bisa menjadi faktro pemicunya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Balanitis adalah penyakit seksual yang disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur

Hati-hati, Penis Belum Disunat Bisa Sebabkan Balanitis? Ini Alasannya

Balanitis adalah penyakit seksual yang terbagi menjadi 3 jenis. Pertama, circinate balanitis yang disebabkan oleh reaksi penyakit artritis pada bagian kepala penis,berbentuk melingkar dan berwarna kemerahan. Kedua, micaceous balanitis yang menyebabkan kulit bersisik di kepala penis. Dan yang ketiga, adalah zoon’s balanitis yang paling umum terjadi pada penis yang belum disunat.