Apakah onani dapat menyebabkan kemandulan

A Info Penanya: A
Apakah klo kita coli dpt menyebabkan mandul?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Terimakasih sudah bertanya di SehatQ.

''Coli" atau Onani yang dilakukan cukup sering memang bisa mengakibatkan kemandulan yang bersifat sementara. Hal ini disebabkan karena untuk membuahi sel telur, sperma perlu dimatangkan terlebih dulu. Perlu waktu 72 jam, bagi sperma untuk matang. Jika terlalu sering dikeluarkan lewat Onani, maka sperma tidak bisa matang dan tidak bisa membuahi sel telur.

Onani sendiri memiliki sisi positif dan negatif dimana jika dilakukan berlebihan tentunya bisa menimbulkan efek yang negatif seperti menurunnya libido ketika berhubungan seksual dengan pasangan ataupun bisa menimbulkan iritasi pada kulit dan berisiko terjadi penyakit menular seksual terlebih jika menggunakan alat bantu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr Maria Ignasia Tjahyadi, M.Kes

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sexting adalah kegiatan bertukar foto atau video pribadi, yang mengandung unsur seksual

Mengenal Sexting, Motif dan Konsekuensi dari Kegiatan Berisiko Ini

Sexting adalah kegiatan yang berisiko terhadap privasi, karena Anda mengirimkan foto atau video pribadi yang sewaktu-waktu dapat menjadi konsumsi publik dan bumerang bagi diri sendiri. Ada beragam motif orang melakukan sexting, seperti tekanan dari pacar atau hanya ingin menggoda calon pasangan. Terlepas dari motif Anda ingin melakukan sexting, ada pula beberapa konsekuensi dari aktivitas ini, yang wajib Anda pahami.