24 Oct 2019, 10:53Infeksi

Apakah obat untuk herpes yang sangat sakit ?

A1
Info Penanya: A1, Pria, 28 Tahun
Dok saya kemarin kena herpes udah 4 hari ini, kepala saya pusing, tangan kaki nyeri semua,posisi herpes di perut kanan bawah, dan saya merasakan semua organ bagian kanan saya sakit semua, mulai dari kaki, tangan, kepala, apakah hal itu wajar? Dan obat apa yang bagus buat mengobati? Soalnya ini tambah menyebar?
35500 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore. A.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Herpes merupakan sekelompok virus yang dapat menyebabkan luka pada kulit yang melepuh dan terasa nyeri. Jenis virus yang paling umum adalah Herpes Zoster, yang juga merupakan penyebab dari penyakit cacar air. Oleh karena itu penyakit ini disebut dengan cacar api.

Beberapa tahapan pada penyakit herpes zoster yaitu :

  • gejala awal atau gejala prodormal (kesemutan, gatal, nyeri seperti ditusuk-tusuk)
  • muncul ruam dan benjolan-benjolan kecil berkelompok membentuk alur yang berisi cairan, beberapa hari setelah gejala awal
  • setelah kurang lebih 1 minggu benjolan dan ruam mengering dan mengelupas
  • masa penyembuhan sekitar 3 hingga 5 minggu
pada herpes penularan tidak terjadi antarmanusia. namun jika virus tersebut terkena pada orang yang belum pernah terjangkit cacar air, dapat terkena cacar air.Mengenai keluhan herpes yang Anda rasakan, karena masih dalam kurun waktu satu minggu, maka penyebaran ruam masih terjadi dan karena virus herpes ini menyerang daerah persarafan maka rasa nyeri dapat menjalar sesuai perjalanan persarafan yang dalam kasus Anda pada sisi kanan. Tidak ada obat yang dapat benar-benar mengobati herpes. Obat-obatan yang diberikan pada penderita herpes, seperti antivirus dimaksudkan untuk mengurangi gejala dan mempercepat proses pemulihan. Namun karena sifat virus yang dorman, penyakit herpes dapat kambuh berulang kali. 

Beberapa tips untuk Anda :

  • usahakan untuk tidak menggaruk nya
  • tetap menjaga kebersihan
  • hindari kontak dengan bayi, ibu hamil dan orang dengan imun tubuh yang rendah
  • apabila Anda sudah berobat ke dokter, dan diberi resep, ikuti anjuran minum obat dengan tepat agar dapat mencegah komplikasi dan kekambuhan ulang (rekurensi)
Apabila penyakit herpes yang Anda derita sangat mengganggu aktivitas, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter Spesialis KulitDemikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam Sehat,dr. Rahmita Dewi
herpesinfeksi virusherpes zoster
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil