Apakah salep permethrin yang kedaluwarsa boleh dipakai?

KA Info Penanya: KA, Pria, 26 Tahun
Apakah obat salep permethrin yang kadaluarsa boleh dipakai?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KA.

Salep permethrin atau salep apapun yang kedaluwarsa sebaiknya jangan digunakan lagi, karena tanggal tersebut dicantumkan pada kemasan bukan semata-mata sebagai pajangan. Tanggal tersebut dicetak agar konsumen memahami bahwa tanggal tersebut adalah batas sebuah perusahaan dapat menjamin kandungan obat masih dalam kondisi stabil. 

Oleh karena itu, walaupun memang ada beberapa obat mampu bertahan lebih lama dari tanggal kedaluwarsanya, tetapi Anda tetap disarankan membuang obat tersebut. Lebih baik mengantisipasi di awal, daripada telah menggunakan dan mengalami efek yang menyebabkan ketidakamanan.

Selain memperhatikan tanggal kedaluwarsa, perhatikan juga mengapa Anda ingin menggunakan salep permethrin tersebut, apakah sesuai indikasi atau tidak. Obat oles permethrin 1% tergolong obat bebas terbatas dan dapat dibeli tanpa resep dokter, dimana biasanya digunakan untuk mengurangi kutu rambut. Akan tetapi, salep permethrin 5% tergolong obat keras, dan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Apabila obatnya sudah benar, perhatikan juga dosis, cara, dan waktu menggunakannya. Konsultasikan kepada dokter Anda apabila ada pertanyaan tentang obat-obatan yang diberikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memakai masker mata agar maksimal adalah penggunaannya tidak lebih dari 20 menit

6 Cara Memakai Masker Mata yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

Cara memakai masker mata yang praktis serta terdapat berbagai macam kandungan di dalamnya membuat masker mata jadi salah satu produk andalan rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Tersedia dalam berbagai merek dan varian, sebenarnya apa manfaat masker mata dan bagaimana cara memakai masker mata agar hasilnya maksimal?