31 Oct 2019, 08:54Gigi & Mulut

Apakah obat sakit gigi yang paling bagus?

HH
Info Penanya: HH, Pria, 22 Tahun
obat sakit gigi apa yg paling bagus ??
37411 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Andry Yoshua
(0)
Selamat pagi Pak HH,Sering kita langsung mencari obat tanpa mengetahui penyebab sebenarnya rasa sakit gigi tersebut. Saat ini obat penghilang sakit banyak dan mudah didapat tetapi hati-hati terhadap efek samping dan adanya alergi. Juga pada wanita hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasilah lebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum minum obat apapun kecuali paracetamol.Obat dapat dicoba tapi tanpa mengetahui penyebab utama sakit gigi sifatnya ialah bagaikan menghapus cat minyak dengan deterjen, mungkin dapat meredakan tapi sifatnya tidak tuntas dan sewaktu-waktu penyakit akan kambuh kembali. Secara umum sakit gigi dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada lapisan email gigi, masalah pada saraf gigi, infeksi gigi, penyakit gusi, dan walaupun jarang tumor gigi.Macam obat untuk sakit gigi adalah sebagai berikut:
  • Paracetamol. Obat bebas ini bisa digunakan untuk meringankan sakit gigi. Ada bentuk tablet untuk dewasa dan sirup untuk anak-anak. Pastikan membaca label untuk mengetahui batas maksimal penggunaannya.
  • Kalium diklofenak. Tablet ini bekerja untuk mengurangi pembengkakan jaringan dan menekan nyeri yang akut atau penyebab yang mendasarinya sudah tidak ada misalnya habis menggigit makanan yang terlalu keras. Hindari mengonsumsi tanpa resep dokter.
  • Asam mefenamat. Tablet ini memang dapat didapatkan di apotek. Namun obat ini dikonsumsi setelah berkonsultasi ke dokter.
  • Minyak cengkeh dapat dioleskan beberapa kali sehari untuk meredakan rasa sakit. Cara lain adalah dengan basahi kapas dengan minyak cengkeh dan gigit di dekat gigi yang bermasalah. Hati-hati, jangan tidur dengan kapas yang masih berada di dalam mulut.
  • Berkumur dengan mouthwash atau obat kumur atau jika tidak ada dapat air garam saja. Kumurlah kurang lebih 30 detik, lalu buang. Prinsipnya di sini ialah membersihkan bakteri dan juga meredakan saraf yang meradang.
Apabila keluhan sakit gigi berlanjut segeralah periksakan ke dokter gigi, dokter gigi akan memeriksa gigi, gusi dan rongga mulut, jika perlu melakukan x-ray gigi untuk melihat akar gigi dan tulang sekitar. Dokter gigi juga dapat melakukan pembersihan dan irigasi cairan agar kotoran yang merusak gigi keluar, memberikan zat lokal untuk mematikan kuman sebelum menembus ke saraf dan pembuluh darah gigi, dan menambal lubang yang kecil sebelum gigi pecah atau patah.Supaya terhindar dari penyakit gigi dan gusi, terapkan pola makan yang sehat untuk gigi dan jangan lupa sikat gigi minimal dua kali sehari.Salam sehat,dr. Andry Yoshua
kesehatan gigisakit gigiminum obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil