Apakah obat peninggi badan berpengaruh pada usia 21 tahun?

YR Info Penanya: YR, Wanita, 2019 Tahun
Hai dok, usia saya 21 th tapi tinggi badan saya baru 145 cm. Saya berencana mengonsumsi obat peninggi badan merek grow up. Kira2 berpengaruh nggak ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore YR,

TInggi badan dipengaruhi banyak hal antara lain faktor genetik, hormonal, aktivitas dan nutrisi. Pemanjangan pada tulang panjang akan berhenti saat lempeng epifisis menutup. Penutupan lempeng epifisis terjadi pada usia 18-25 tahun. Pemanjangan tulang paling pesat terjadi saat pubertas. Sehingga pada usia setelah pubertas walaupun lempeng epifisis belum menutup pemanjangan tulang akan terjadi sedikit sekali.

Penggunaan obat peninggi badan tidak disarankan. Karena selain tidak diketahui keamanan obatnya pada usia anda saat ini tidak akan terjadi pemanjangan signifikan walaupun diberikan obat peninggi.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk masalah kurangnya tinggi badan saat ini, antara lain:

  • berolahraga rutin
  • makan makanan bernutrisi
  • istirahat cukup 7 jam per hari
  • memupuk rasa percaya diri

Dengan cara diatas, apabila masih terdapat pertumbuhan tinggi, pertumbuhan akan terjadi secara aman, tanpa penggunaan obat yang berisiko. Selalu pupuk kepercayaan diri anda bahwa hidup sehat lebih baik dari sekedar tinggi badan, karena setiap orang berbeda.

 

Salam sehat

dr. Patricia Oktaviani

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menambah tinggi badan hanya bisa memberikan dampak pada anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan

Cara Menambah Tinggi Badan Saat Sudah Dewasa

Ketika dalam masa pertumbuhan, anak-anak dan remaja masih memiliki kemungkinan untuk meningkatkan tinggi badan. Namun, ketika sudah dewasa, Anda berpikir tak mungkin lagi melakukan cara menambah tinggi badan.