Apakah obat penambah nafsu makan lansia ? (dengan riwayat penyakit diabetes, maag dan darah tinggi)

AT Info Penanya: AT, Wanita, 28 Tahun
Dokter ibu saya umur 65 punya skit diabetes,maag,darah tinggi ini maag ny kmbuh kmrn mutah" skrg sdh tdk mutah tp knp mau makan tdk punya selera,,badan nya kurus trs badan lemes obatny apa ya dok biar da nafsu makan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AT.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Nafsu makan pada lansia memang dapat menurun seiring bertambahnya usia, terutama pada lansia dengan riwayat penyakit kronis yang diderita. Gangguan nafsu makan pada lansia bersumber dari fungsi tubuh manusia yang secara alami akan mengalami penurunan seiring berjalannya waktu seperti fungsi kecap pada lidah dan indra penciuman, fungsi gigi, fungsi pencernaan, dan bahkan penurunan kemampuan berpikir. Berbagai fungsi tersebut dapat memberikan pengaruh yang bersaaman dari berbagai sisi, disertai dengan adanya penyakit kronis yang diderita dengan konsumsi obat-abatan yang harus diminum, dapat memperburuk nafsu makan pada lansia.

Mengenai keluhan yang dialami oleh orang tua Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan maag, sebaiknya makanan yang diberikan tetap disesuaikan dengan kebutuhan khususnya namun Anda dapat memberikan sedikit lebih bumbu agar makanan tetap berasa, namun menggunakan bumbu yang baik seperti rempah-rempah alami, garam laut atau garam pink himalayan, memperbanyak sayuran hijau, protein rendah lemak dan buah-buahan yang tidak terlalu banyak mengandung gula/manis.

Berikut beberapa saran jenis makanan dan rempah yang dapat diberikan :

  • larutah air jahe untuk menghilangkan mual
  • bubuk kayu manis untuk mengontrol gula darah dan mengurangi gejala maag
  • memberikan makanan yang lunak
  • hindarai makan yang sulit dicerna seperti makanan yang terlalu gurih, mengandung pengawet, digoreng lama. mengandung banyak lemak
  • memberikan makanan kaya omega-3 umtuk menambah nafsu makan seperti ikan salmon, bubur dari kacang-kacangan dan biji-bijian
  • jika perlu, menambahkan suplemen vitamin dan mineral (zink, vitamin B kompleks) juga untuk menambah nafsu makan
  • pemberian susu yang berasal dari kacang-kacangan seperti susu kedelai atau susu almond

Bila keluhan ini terus berlanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Gizi dan dokter Spesialis Penyakit Dalam yang menangani Ibu Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya bawalah suplemen vitamin C ketika mudik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Tips Sehat Saat Mudik, Ini Daftar Obat yang Perlu Dibawa

Persiapkan obat-obatan ketika mudik. Daftar obat yang perlu dibawa yaitu obat mual, obat demam, suplemen vitamin C, obat untuk pencernaan dan obat maag.