10 Oct 2019, 17:29Pernapasan

Apakah obat paru-paru basah?

SW
Info Penanya: SW0
Apakah obat paru-paru basah
22752 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang SW,Paru-paru basah atau efusi pleura adalah kondisi dimana lapisan yang memisahkan paru-paru dan rongga dada terisi dengan cairan secara berlebihan yang akan mengakibatkan muncul keluhan sesak napas. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :
  • Pneumonia. Batuk yang tidak ditangani dengan baik akan berkembang menjadi pneumonia dimana akan muncul keluhan sesak, demam. Bila hal ini tidak segera ditangani maka akan berkembang menjadi efusi pleura yang lebih berbahaya.
  • TBC paru. Pada TBC paru dengan kerusakan paru yang berat dapat menimbulkan cairan pada lapisan pleura, yang akan membuat penderita semakin merasa sesak napas.
  • Kanker paru.
  • Gagal jantung kongestif. Akibat kelemahan otot jantung, jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh secara maksimal, sehingga akan terjadi bendungan dan merembes ke lapisan pleura.
  • Penyakit autoimun. Karena kondisi daya tahan tubuh yang menurun akan menyebabkan gangguan pada paru-paru.
Untuk penanganan paru-paru basah tentu tidak bisa hanya dengan mengobati paru-paru basahnya saja, namun juga perlu diperhatikan apa penyebab paru-paru basah tersebut, penanganan tersebut akan dilakukan secara bersamaan. Untuk penanganan paru-paru basah sendiri maka dokter akan melakukan tindakan pungsi pleura dimana dokter akan melakukan tusukan di dada dengan menggunakan jarum untuk mengeluarkan cairan tersebut guna mengurangi sesak dan melakukan analisa terhadap cairan itu sendiri. Untuk penanganan penyebab paru-paru basah tergantung dari apa penyebabnya.Hal yang perlu diperhatikan agar cairan tidak bertambah semakin banyak adalah dengan minum obat secara teratur, bila penyebab efusi pleura adalah gagal jantung kongestif maka perlu mengurangi asupan garam dan menjaga agar tekanan darah stabil, bila penyebabnya TBC maka wajib minum obat TBC secara teratur dan gunakan masker agar tidak menulari orang lain.Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis paru untuk penanganan yang tepat, karena paru-paru basah perlu dikontrol secara teratur terutama bila muncul keluhan semakin sesak napas.Salam sehat,dr. Vina  
penyakit paru-parutbcpneumonia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil