09 Aug 2020, 09:09Kandungan

Apakah obat kecantikan bisa menganggu hormon?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, akhir-akhir ini saya merasa agak aneh dok dengan siklus haid saya. Semenjak konsumsi nourish skin, haid saya menjadi telat. Apakah nourish skin bisa mengganggu hormon dan haid dok?
9835 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Nourish skin adalah suplemen kecantikan yang mengandung asam amino, beta karoten, vitamin C, vitamin E, dan beberapa mineral, dan berfungsi untuk merawat kulit dari dalam. Vitamin C dan E yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat mencerahkan kulit serta memperlambat proses penuaan.Sedangkan siklus haid adalah jarak antarhaid, yang idealnya terjadi setiap 21-35 hari secara teratur. Siklus haid diatur oleh sistem hormon tubuh, sehingga apabila ada satu atau lebih hormon yang tidak seimbang, maka siklus akan berubah.Terkait pertanyaan Anda, sampai saat ini, belum ada riset yang dapat membuktikan bahwa asam amino, vitamin, dan mineral dapat menyebabkan keterlambatan haid. Justru sebaliknya, vitamin dan mineral dapat memenuhi zat gizi tubuh dan menyebabkan hormon lebih seimbang. 

Penyebab Terlambat Haid

Jadi, kemungkinan haid Anda yang terlambat bukan disebabkan oleh suplemen tersebut ya. Beberapa penyebab terlambat haid adalah:
  • Kurangnya konsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur
  • Sering begadang
  • Naik atau turunnya berat badan secara drastis
  • Sindrom ovari polikistik
  • Gangguan hormon tiroid
  • Konsumsi obat-obatan lainnya
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal (suntik, pil, implan)
  • Kehamilan
Apabila haid tak kunjung datang selama tiga bulan berturut-turut, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG, agar dapat diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kulit sehatperawatan kulitsiklus haidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil