14 Sep 2020, 13:27Perut

Apakah obat imodium aman untuk diare?

L
Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, saya baru-baru ini diresepkan obat mencret imodium, tapi saya baca di internet katanya obat ini tidak direkomendasikan WHO karna tidak aman? Apakah saya harus menebus obat ini di apotek? Mohon sarannya, dok
3936 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore L,Diare adalah kondisi di mana BAB dengan kotoran menjadi cair dan lebih dari 2 kali yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau faktor salah makan misal makan makanan yang sangat pedas dan berlebihan.Penanganan diare yang utama adalah menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) saja, obat-obatan yang lain sifatnya hanya menunjang saja. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi diare adalah imodium. Imodium ini mengandung loperamide HCl yang berfungsi untuk mengurangi gerakan atau peristaltik usus sehingga diharapkan diare bisa berhenti.Penyebab diare seperti keracunan makanan inilah yang seharusnya tidak menggunakan pengobatan loperamide, karena dianggap ketika pergerakan usus dihentikan maka racun tidak bisa terbuang sehingga ada baiknya dibiarkan tetap diare namun yang penting pastikan tidak dehidrasi dengan banyak minum air putih. Setidaknya minum segelas air setiap kali selesai diare dan terapkan menu makanan BART.Bila obat tersebut diresepkan oleh dokter, maka tentunya dokter sudah melakukan pemeriksaan dan aman digunakan sesuai dengan kondisi Anda, sehingga Anda bisa membelinya di apotek dengan membawa resepnya. Karena imodium ini obat golongan keras sehingga tidak bisa dibeli bebas tanpa resep dokter.Untuk dosis imodium bila diminum orang dewasa adalah 2 tablet sekaligus di awal penggunaan, selanjutnya 1 tablet setiap diare dengan jarak masing-masing paling cepat 30 menit, namun dalam sehari maksimal minum 8 tablet. Bila sudah 8 tablet dan masih diare, maka obat dihentikan dan cukup minum air putih atau periksa kembali ke dokter bila dirasa diare semakin sering dan badan lemas.Salam sehat,dr. Vina
diarekeracunan makananinfeksi usus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil