09 Aug 2021, 10:32Infeksi

Apakah Obat Herbal covid-19 bisa dikonsumsi busui?

L
Info Penanya: L0
Dok, jika ada seorang ibu menyusui terkonfimasi positif covid, apa obat yang tepat untuk ia konsumsi? Apakah ada obat herbal covid untuk ibu menyusui?
171 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang L,Di tengah pandemi corona seperti sekarang ini, terlebih dengan munculnya varian delta maka penularan virus corona akan semakin mudah dan bisa mengenai siapa saja termasuk ibu yang sedang menyusui. Dan tentu saja jika ibunya terkena covid, maka bayi yang sedang disusuinya akan rentan untuk terkena paparan virus corona juga terlebih jika tidak menggunakan masker dengan benar ketika sedang menyusui. Bukan berarti ASInya yang menularkan virus corona, namun penggunaan masker yang tidak benar serta tangan yang kotor yang bisa menularkan virus. Jadi ibu menyusui yang terpapar virus corona tetap boleh menyusui bayinya.

Cara mengatasi ibu menyusui terinfeksi covid.

Tentunya penanganan serta obat-obatan yang diberikan akan menyesuaikan dengan kondisi Anda yang sedang menyusui.
  • Pastikan untuk makan makanan bergizi yakni banyak sayur dan protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena yang utama adalah meningkatkan daya tahan tubuh, obat-obatan hanya bersifat menunjang saja.
  • Banyak minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Minum multivitamin yang terdiri dari vitamin C, D serta zink.
  • Berjemur setiap pagi.
  • Banyak istirahat dan jangan bergadang.
  • Boleh mengonsumsi obat herbal yang mengandung sambiloto sebagai antioksidan dan mengatasi reaksi peradangan.
Lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam untuk mengatasi covidnya dan selama gejalanya masih ringan maka lakukan isolasi mandiri di rumah. Sebisa mungkin sediakan alat oksimeter untuk memantau kadar oksigen di dalam tubuh Anda. Jika sekiranya gejala bertambah berat, muncul sesak napas atau kadar oksigennya dibawah 95% maka lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit untuk penanganan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina
demamsesak napasherbalcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil