Apakah obat dengan kandungan ibuprofen aman?

RG Info Penanya: RG
dokter, amankah minum ibuprofen untuk jangka panjang? saya ada migrain seminggu ini sering banget kumat. bahkan udah minum juga sampe ga hilang. kalo lagi parah bahkan saya bisa sampe minum 2 sekaligus
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RG,

Ibuprofen adalah obat pereda nyeri golongan obat anti inflamasi non steroid (OAINS) yang digunakan untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit otot, nyeri haid ataupun nyeri lainnya yang intensitasnya ringan sampai sedang. Ibuprofen sendiri ada yang berupa obat bebas terbatas dan obat keras yang memerlukan resep dokter pada dosis dan sediaan tertentu.

Untuk dosis ibuprofen sendiri tergantung dari berat ringannya gejala dan juga sediaan obat tersebut. Baiknya tidak sekaligus mengonsumsi 2 tablet terlebih jika tablet adalah sediaan dewasa karena berisiko menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Bisa melihat pada kemasan mengenai cara konsumsi obat tersebut terutama jika diberikan pada anak.

Ibuprofen bisa menimbulkan beberapa efek samping.

Efek samping yang bisa ditimbulkan seperti gangguan pencernaan, nyeri perut, sakit kepala, ruam kulit sampai reaksi alergi berat. Hindari penggunaannya terutama jika memiliki riwayat alergi dengan ibuprofen, mengalami riwayat gangguan pembuluh darah, gangguan ginjal dan hati, sedang hamil ataupun jika mengonsumsi obat lainnya seperti obat pengencer darah atau pereda nyeri lain. Periksakan diri pada dokter jika keluhan sakit kepala tidak juga membaik agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala bagian atas bisa disebabkan oleh kurang tidur atau posisi tidur yang buruk

Mengetahui Penyebab Sakit Kepala Bagian Atas dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala bagian atas tentu terasa sangat mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kurang tidur hingga hipertensi.