Apakah obat dapat menyembuhkan sakit gigi?

TS Info Penanya: TS, Pria, 40 Tahun
Dok cara mengatasi sakit gigi padahal sudah minum cataflam tidak kunjung sembuh? Dan terasa sakit diwaktu dingin
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, TS.

Beberapa penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang, peradangan saraf gigi, peradangan gusi, atau peradangan tulang rahang. Gigi yang berlubang dapat menyebabkan rongga gigi menuju saraf menjadi terbuka. Sehingga jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman dingin dan panas akan terasa nyeri dan ngilu. 

Sakit gigi karena gigi berlubang tidak bisa sembuh hanya dengan minum obat. Pereda nyeri akan bekerja sementara saja sampai kadar obat tersebut habis dalam tubuh. Dalam kasus gigi berlubang, perlu tindakan lebih lanjut oleh Dokter gigi, seperti tambal gigi, perawatan saluran akar, atau bahkan tindakan pencabutan. Namun itu semua tergantung tingkat keparahan dari kerusakan gigi Anda. Dokter Gigi akan memeriksa terlebih dahulu seberapa besar dan parah kerusakan gigi yang terjadi. Lubang yang sangat kecil pada gigi tidak dapat dengan mudah dilihat oleh mata. Dokter Gigi akan memakai alat tertentu untuk memastikannya. Segera konsultasikan keluhan Anda ke Dokter Gigi untuk menghilangkan gejala dan mencegah perburukan.

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

AA
18 Oct 2019, 09:41
Dok...Apakah anak umur 10 tahun boleh di pasang kawat gigi..trims
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara meredakan sakit gigi dapat dilakukan dengan berkumur air hangat yang diberikan garam

Cara Meredakan Sakit Gigi yang Dapat Anda Lakukan Sendiri di Rumah

Setiap orang hampir pasti pernah mengalami sakit gigi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti gigi berlubang, radang gusi, gigi retak, hingga sinusitis. Cara meredakan sakit gigi dapat dilakukan dengan berkumur air hangat/garam, menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan, dan minum obat pereda nyeri. Untuk mencegahnya, periksakan gigi Anda ke dokter gigi setiap 6 bulan.