Apakah nyeri dada selalu diakibatkan gangguan pada jantung ?

CD Info Penanya: CD, Pria, 19 Tahun
Dok mau tanya ini saya pertama kali nyeri didada 1 minggu trus nyri dada hilangGanti sakit di jantungTangan kaki keluar keringat sakit kepala demam . Apakah saya sakit jantung dokk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, CD.

Nyeri dada seperti yang anda keluhkan bisa disebabkan karena adanya masalah pada jantung, paru-paru, saluran pencernaan, muskuloskeletal (tulang dan otot), dan psikosomatik.

Penyebab nyeri dada diantaranya :
1. Jantung, seperti penyakit jantung koroner, perikarditis.
2. Saluran pencernaan, misalnya syndrome dispepsia, gastroesophageal reflux disease (GERD), ulkus peptikum.
3. Paru, seperti emboli paru, pleuritis
4. Muskuloskeletal, seperti costocondritis, fibromialgia, trauma
5. Psikosomatik, seperti gangguan cemas, serangan panik.

Mengingat penyebab nyeri dada sangatlah banyak, sebaiknya segera ke dokter untuk dilakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut. Keluhan nyeri dada, demam, sakit kepala dan keringat dingin tidak bisa digunakan untuk menegakkan diagnosa dari suatu penyakit. Perlu pemeriksaan menyeluruh yakni anamnesis (tanya-jawab) lebih lanjut seperti sejak kapan keluhan timbul, berapa lama keluhan berlangsung, penjalaran nyerinya, ada faktor pemicu, trauma, ada keluhan tambahan seperti berdebar-debar, batuk, mual atau muntah, memeriksa tanda vital anda (tekanan darah, nadi, laju napas), di dengar suara napas dan jantung, pemeriksaan abdomen (perut) dan beberapa pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung (EKG), rontgen thorax, dan laboratorium sesuai indikasi.


Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertahankan detak jantung normal pada lansia, bahkan saat berolahraga agar tidak berbahaya bagi kesehatan

Berapa Sebenarnya Detak Jantung Normal pada Lansia?

Detak jantung normal akan berbeda pada masing-masing orang, tergantung dari usianya, rata-rata berkisar 60-100 kali per menit. Kondisi ini harus diperhatikan, karena gangguan detak jantung dapat berbahaya untuk kesehatan.